Pengertian Topologi Star Lengkap


    Dalam topologi star, terdapat terminal pusat yang bertindak sebagai pengatur dan pengendali untuk semua komunikasi data yang terjadi. Concentrator menyediakan jalur komunikasi khusus untuk berkomunikasi, contohnya jaringan telepon. Jenis jaringan ini mudah untuk dikembangkan, dengan cara menambah atau mengurangi jumlah terminalnya. Banyaknya terminal yang dapat terhubung tergantung dari jumlah port dan hub
     Saat membangun hubungan dengan topologi star, hindari terjadinya percabangan pada suatu segmen/terminal. Karakteristik topologi ini sebagai berikut.
  • Setiap terminal langsung berhubungan dengan concentrator, sehingga jaringan tidak terputus ketika ada workstation yang terganggu.
  • Jaringa mudah dikembangkan, karena tiap node hanya memiliki kabel yang langsung terhubung ke central node (node pusat).
  • Dapat menggunakan kabel "low grade", karena hanya menangani satu lalu lintas data, biasanya digunakan kabel UTP. Node-node tersambung langsung ke suatu central node (bisa berupa hub), sehingga mudah dikembangkan. 
Kelebihan
  1. Adanya central node yang mengatur transmisi data sehingga memudahkan pengelolaan jaringan
  2. Mudah dalam pengembangan jaringan maupun pengontrolan jaringan 
  3. Deteksi keruasakan lebih mudah
  4. Transfer data lebih mudah dan efisien 
  5. Hub juga berfungsi sebaga multiuser.
 Kekurangan
  1. Secara fisik, jaringan ini tergolong cukup rumit sehingga memerlukan kabel yang cukup banyak.
  2. Media transmisi data menggunakan kabel UTP yang rentang gangguan magnetik, listrik dan getaran.
  3. Oleh karena pengelolaan data secara terpusat, jaringan memerlukan penanganan secara khusus, seperti perawatan secara berkala.
  4. Kabel yang digunakan adalah RG 62, RG 58, TP 3,4,5. 
Previous
Next Post »