Macam-macam Teknologi Koneksi Internet


Satu unit komputer atau komputer di jaringan dapat terkoneksi ke internet menggunakan jalur :

a. Public Line (jalur umum), seperti :

  1. Dial-up melalui jalur PSTN (Public Switched Telephone Network) - Client (komputer user) terhubung ke ISP (Internet Service Providet) melalui jaringan telephone reguler (PSTN).
  2. Dial-up dengan teknologi GPRS (General Packet Radio Service) dan CDMA (Code Division Multipic Access) - Perangkat ponsel berfungsi sebagai mdoem yang terhubung ke komputer melalui kabel data ponsel (port comm atau USB), IRDA juga Bluetooth. Koneksi internet melalui operator seluler yang bertindak sebagai ISP, dengan mengatur konfigurasi pada komputer maupun ponsel. 
  3. DSL (Digital Subsriber Line) - Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler, Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line. DSL berbeda dengan Leased Line. Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga (jalur PSTN). 
  4. PLC (PowerLine Communication) - Koneksi PC dengan internet menggunakan jalur listrik PLN yang bertindak sebagai ISP, dengan bantuan Modem yang langsung dapat ditancapkan ke stop kontak yang telah beraliran listrik. 
  5. ASDL (Asynechronous Digital Subscriber Line) - dengan modem dan router merupakan sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Teknologi ASDL memungkinkan user dapat memisahkan pemanfaatan jalur telephone reguler untuk keperluan komunikasi reguler dan koneksi internet.
  6. ISDN (Integrated Services Digital Network) - Pada dasarnya, ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon.
b. Dedicated Line (Jalur Khusus Internet), seperti :
  1. Leased line adalah saluran koneksi telepon permanen antara dua titik yang disediakan oleh perusahaan telekomunikasi publik. Umumnya, leased line digunakan ketika terdapat kebutuhan komunikasi data jarak jauh yang harus dilakukan secara terus-menerus. Leased line memiliki beberapa tingkatan tarif yang tergantung kepada lebar jalur data (bandwidth) yang mampu dikirimkan melalui leased line tersebut. 
  2. Teresterial - menggunakan media kabel atau nirkabel sebagai aksesnya, dapat menggunakan kabel coaxial atau fiber optik yang disewa khusus untuk penggunaan koneksi internet selama 24 jam sehari atau untuk menghubungkan beberapa komputer dari satu lokasi ke lokasi lain (frame relay dan MPLS termasuk jenis layanan ini). 
  3. Frame Relay - Layanan data paket yang memungkinkan beberapa user menggunakan satu jalur transmisi pada waktu bersamaan. Untuk lalu lintas komunikasi yang padat, Frame Relay jauh lebih efisien dari pada sirkit sewa (leased line) yang disediakan khusus untuk satu pelanggan (dedicated), yang umumnya hanya terpakai 10% sampai 20% dari kapasitas bandwidth-nya. 
  4. Fixed Wireless - Koneksi perangkat mobile ke accesspoint atau Koneksi jaringan lokal ke ISP dengan perangkat radio/antena dengan gelombang mikro Wi-Fi 2.4 GHz (free-license), Microwave 3.3 GHz, 5.8 GHz, 10.5 GHz, 15 GHz (licensed) dan WiMAX 3.5 GHz.
  5. VSAT (Very Small Aperture Terminal) - pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan koneksi internet dimana tidak ada infrastruktur lain seperti leased line, ADSL, ISDN, bahkan tidak juga telepon. Antena VSAT berbentuk seperti piringan yang berukuran besar dan menghadap langit (satelit). Dengan peralatan ini maka sinyal digital diterima dan dikirimkan ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. 
  6. MPLS (Multiprotocol Label Switching) - adalah jaringan pita lebar yang berbasis IP, MPLS memiliki jangkauan wilayah yang luas. Layanan ini memberikan layanan end to end dengan pilihan bandwidth kecil hingga kapasitas yang tak terhingga.

Sekian artikel diatas, semoga menambah wawasan kita semua....
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
July 6, 2020 at 11:24 AM ×

mantab banget gan
alat balon pembersih debu

Congrats bro Shikamaru Nara you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar