Pengertian Router lengkap


   Router adalah sebuah peranti keras yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih yang memiliki perbedaan arsitektur, protokol dan kelas atau versi IP address. Peranti keras ini dilengkapi dengan sistem operasi yang mampu melewatkan data pada jaringan yang berbeda (sebagai contoh router dedicated keluaran Cisco, PC router menggunakan Linux atau Unix). Data dari alamat jaringan akan diseleksi terlebih dahulu oleh peranti router, ke mana arah tujuannya, untuk kemudian di carikan jalur transmisi terdekat menuju alamat tujuan tersebut. Secara prinsip, router  dan switch berbeda. Switch merupakan concentrator (hub aktif) tanpa dilengkapi kemampuan mentranslasi alamat, sedangkan router merupakan switch yang mampu menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda.
   Router merupakan penghubung jalan sekaligus pengatur lalu lintas data yang melewatinya dan juga mempunyai kemampuan mentranslasi alamat Ip address yang berbeda jaringan. dengan router, kita bisa membuat beberapa jaringan yang berbeda, mengatur lalu lintas data yang mengalir melewatinya. Sementara, switch merupakan alat yang membuat jalur khusus ketika terjadi komunikasi data antarkomputer, tetapi tidak mampu menerjemahkan sebuah alamat IP ketika menuju alamat tujuan yang berbeda.

    Berikut adalah contoh penggunaan router, Misalkan kita berlangganan sewa bandwitch internet pada sebuah Internet Service Provider (ISP) sebesar 2 Mbps dengan sebuah IP address publik untuk dibagi 35 client, maka IP publik tersebut harus dibagi menjadi sub-jaringan yang lebih kecil menggunakan sebuah router.

    Untuk mengkonfigurasi komputer menjadi route, dibutuhkan dua LAN card atau lebih sebagai interface penghubung jaringan. Sistem operasi yang digunakan untuk PC router adalah Debian, Suse, Redhat Free BSD, Open BSD, dan Mikrotik.
Previous
Next Post »