Mengenal Pengertian dan Fungsi CMOS pada Komputer


Kali ini saya akan membagikan Artikel tentang Pengertian dan Fungsi CMOS pada Komputer.

1. PENGERTIAN 

CMOS merupakan singaktan dari Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAM kecil berukuran 64 Byte yang menyimpan setting BIOS saat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakan perluasan dari Teknologi MOS yang menghasilkan IC dengan kebutuhan tenaga baterai rendah.

2. FUNGSI CMOS

CMOS digunakan untuk menyimpan program configurasi, program diagnostik dan informasi tanggal dan waktu pembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan. 

Setelah kita melihat keguanaan baterai CMOS, mungkin kita bisa menyimpulkan bahwa CMOS itu sangat diperlukan dalam sebuah PC/Laptop bahkan jika CMOS tidak ada, kemungkinan besar komputer tidak bisa melakukan apa-apa. 

Dalam beberapa Hardware komputer CMOS-lah salah satu hardware yang terkecil, meskipun terkecil tetapi fungsinya sangat besar bagi suatu komputer. Biasanya baterai CMOS tidak bertahan selamanya ada yang umurnya cuma 2 sampai 3 Tahunan. Setelah itu tidak bisa dipakai lagi. Biasanya tanda-tanda baterai CMOS sudah tidak bisa digunakan/lemah pada waktu/jam yang tertera di komputer yang selalu berubah-ubah, setelah itu tanggal dan waktu pembuatan file pun tidak lagi seperti yang sebetulnya. Oleh karena itu perhatikanlah baterai CMOS komputer anda apakah masih dalam keadaan baik atau tidak, jika sudah mulai lemah bisa langsung ganti saja karena fungsinya sangat besar untuk komputer anda. 

Sekian artikel diatas semoga bermanfaat, Terima kasih sudah berkunjung :)
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Edi Sucipto
admin
May 19, 2018 at 2:01 PM ×

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
cobain open source project rancangan ane gan >

IT Tools Pack Solution

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi

Congrats bro Edi Sucipto you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar