Pengertian Harddisk Beserta Fungsinya


Kali ini saya akan membagikan Artikel tentang Pengertian Haddisk beserta Fungsi. 

1. LATAR BELAKANG 


Harddisk merupakan sebuah perangkat keras yang sangat berguna di komputer dan laptop. Harddisk bertugas untuk menyimpan data dan juga menyimpan sistem operasi yang terinstall di laptop atau komputer kita. Peran Harddisk sangat vital dan sangat berpengaruh terhadap komponen hardware lainnya karena tanpa harddisk niscaya komputer itu tidak akan berjalan. Untuk itu akan lebih baik jika anda sebagai pengguna mengetahu apa itu harddisk, fungsi harddisk dan yang lainnya yang berhubungan dengan harddisk.

2. PENGERTIAN 

Hasddisk adalah perangkat keras (hardware) komputer atau laptop yang bekerja secara sistematis yang berperan sebagai media penyimpanan data. Data yang tersimpan dalam harddisk tidak akan hilang walaupun laptop atau komputer dimatikan (OFF) tidak sama hal dengan RAM. Data yang tersimpan dalam Harddisk ini bersifat permanen asalkan user (pengguna) bisa menggunakannya dengan baik, benar dan bijaksana. Haddisk diciptakan dengan berbagai merk dan juga berbagai kapasitas, namun penggunaannya tetap sama seperti Seagate, Western Digital (WD), Samsung dan lainnya. Dan untuk kapasistasnya sendiri sudah mencapai kata cukup dengan kapasitas terbesarnya itu diatas 1 TB dan bahkan sudah ada harddisk dengan kapasitas 60 TB. Dengan berkembangnya teknologi, maka termasuk di dalamnnya Harddisk, harddisk akan terus berkembang dari masa ke masa. 

3. FUNGSI 

Fungsi harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer atau laptop. Di dalam harddisk terdapat sebuah ruang penyimpanan utama, disitulah setiap data dan informasi disimpan. Selain memiliki ruang utama, Harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian semacam ruang kecil yang terdiri dari direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk meletakkan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

Biasanya Harddisk komputer atau laptop memiliki beberapa partisi agar lebih gampang saat digunakan. Partisi adalah membagi ruang dalam suatu harddisk, pembagiannya pun sesuai dengan kapasitas yang kita inginkan. Minimal partisi dalam suatu harddisk itu 2 yaitu satu untuk penyimpanan sistem operasi beserta program, dan satu untuk menyimpan data dan segalam macam.

Sekian artikel diatas, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung :)
Previous
Next Post »