Mengenal Chipset dalam Sistem Komputer


Kali saya akan membagikan Artikel tentang di Mengenal Chipset dalam Sistem Komputer.

1. PENGERTIAN 


Chipset merupakan IC berukuran kecil pada komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menetukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).

Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset. Sedangkan Chipset dibagi menjadi dua bagian komponen utama yaitu, Northbridge dan Southbridge. Northbridge mengatur Chace Memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi. Sedangkan Southbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side-bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port yang didukung oleh sistem.

2. FUNGSI 

Secara umum Chipset Komputer berfungsi sebagai pengatur lalu lintas aliran data pada komputer. 
Chipset apda video card berfungsi untuk mengontrol rendering grafik 3 dimensi dan output berupa gambar pada monitor. Sedangkan chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output (masukan dan keluaran) yang mendasar pada komputer. Lebih jelasnya bahwa Chipset yang terdapat pada Motherboard berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu komponen ke komponen lainnya. Misalnya, mengarahkan data dari CPU (processor) manuju kartu grafis (video card) atau ke sistem memory (RAM), serta mengarahkan aliran data melalui Bus PCI, Drive IDE dan Port I/O.

Sekian artikel diatas, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung :)
Previous
Next Post »