Mengenal Master Boot Record (MBR)


Kali ini saya akan membagikan Artikel tentang MBR (Master Boot Record)

1. PENGERTIAN MASTER BOOT RECORD (MBR)


Kepanjangan dari partisi MBR adalah Master Boot Record. MBR akan dijumpai ketika sobat mempartisi harddisk pertama kali. Di dalam partisi MBR informasi mengenai partisi Logical dan file system bisa sobat dapatkan. Disisi lain MBR mempunyai sejenis kode yang berguna untuk mengatur partisi dari Volume Boot Record (VBR).

Pada perangka yang tidak memiliki partisi seperti flashdisk floppy dan CD, DVD Partisi MBR tidak bisa ditemukan. 

Pertama kali MBR diterapkan pada tahun 1983. Karena sekarang ini media penyimpanan sudah semakin besar hingga bertera byte maka perkembangan MBR terhenti di tahun 2010. Sekarang in peran yang dimiliki oleh MBR sudah digantikan dengan Guid Partition Table (GPT).

2. SKEMA MASTER BOOT RECORD (MBR) 
  • Primary Partition merupakan partisi paling diutamakan, partisi ini berfungsi mengerjakan proses loading ke System Operasi dan membantu menyimpan data pengguna. Primary Partition jumlahnya ada 4. Jika ada partisi baru lagi yang ditambahkan maka primary partition akan berkurang.
  • Extended Partition merupakan partisi tambahan yang berguna untuk wadah logical partisi yang lain. Partisi ini mirip dengan primary partition. hanya asaja jumlahnya tidak lebih dari 1.
  • Logical Partition berbeda dengan primary partition yang bisa booting ke system, logical partition tidak bisa dipakai untuk booting ke system operasi dan ahanya bisa dipakai untuk menyimpan data pengguna saja dan jumlahnya sangat dibatasi.
3. FUNGSI DARI MASTER BOOT RECORD (MBR) 

Partisi MBR memiliki banyak fungsi yaitu : 
  • Bisa digunakan untuk mencari partisi yang aktif, artinya adalah bisa melakukan proses booting dalam partisi tabel.
  • Bisa menyimpan boot sector partisi yang aktif tadi kedalam memori 
  • Bisa memberikan hak akses lanjutan kepada kode yang akan dijalankan ke dalam Boot Sector

Sekian artikel diatas semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung :)
Previous
Next Post »