Pengertian dan Jenis-jenis Keyboard

Kali ini saya akan membagikan Artikel tentang Pengertian dan Jenis-jenis Keyboard.

1. PENGERTIAN 

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang memiliki berbagai macam tombol untuk menginputkan data berupa huruf, angka, tanda baca, hingga tombol perintah yang bisa dilakukan dengan menekan tombol bersamaan. 
2. FUNGSI 

Keyboard berfungsi untuk menginputkan / memasukkan data ke dalam komputer, baik berupa huruf, angka, simbol tanda baca dan beberapa tombol perintah yang bisa dilakukan dengan menekan tombol secara bersamaan.

3. JENIS-JENIS KEYBOARD

Adapun jenis-jenis Keyboard adalah sebagai berikut :
- Keyboard QWERTY

Keyboard ini dinamakan sesuai tombol yang diambil dari 6 huruf pertama keyboard tersebut. Keyboard ini didesain sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering digunakan letaknya dipisah untuk mempermudahkan pengetikan dan peminimalisir salah ketik pada saat orang menggunakannya. Selain itu keyboard jenis ini sudah terkenal sejak tahun 1973, serta menjadi keyboard resmi untuk laptop dan komputer di seluruh dunia. 
Kelebihan adalah mudah digunakan, jika terjadi kerusakan sangat mudah untuk menemukan tempat penjualannya.
Kelemahan adalah untuk pemula sangalah sulit untuk menggunakannya. 

- Keyboard Numeric

Keyboard ini biasanya digunakan oleh accounting, untuk memasukkan/menginputkan bilangan dalam jumlah yang banyak. Karena jika menggunakan keyboard ini, tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan yang lebih mudah. Selain fleksibel dan mudah digunakan akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang relatif singkat. 
Kelebihan adalah mudah memasukkan/menginputkan angka dalam jumlah yang banyak.
Kelemahan adalah sulit memasukkan/menginputkan data berupa karakter alphabet.

- Keyboard DVORAK

Dengan susunan huruf yang ada di keyboard ini, tangan kanan lebih banyak bekerja ketimbang tangan kiri. Selain itu, sekitar 70% dirancang agar ketukan jatuh pada home row agar dapat mengurangi kelelahan dalam pengetikan.
Tidak banyak yang menggunakan keyboard ini dan masih banyak user yang belum mengetahui secara rinci tentang keyboard ini, untuk itu keyboard ini menjadi american style karena lebih dominan digunakan di Amerika saja. 
Kelebihan adalah tidak mudah membuat jari kelelahan 
Kelemahan adalah sulit dipakai jika tidak terbiasa, khususnya orang yang kidal. 

- Keyboard Alphabetic 

Susunan yang terdapat pada keyboard ini tidak jauh berbeda dengan keyboard jenis QWERTY dan keyboard DVORAK, akan tetapi susunan dari hurufnya berurutan seperti halnya pada urutan huruf alphabet (dari A s/d Z). Akan tetapi jarangan sekali digunakan dan bisa memperlambat pekerjaan. 
Kelebihan adalah sangat cocok untuk orang yang kesulitan menggunakan keyboard QWERTY.
Kelemahan adalah cepat membuat lelah dalam proses pengetikan. 

Sekian artikel diatas semoga bermanfaat, Terimakasih sudah berkunjung :) 


Previous
Next Post »