Mengenal Fungsi Setiap Warna Kabel UTP


Kali ini saya akan membahan Artikel tentang Fungsi dari masing-masing warna Kabel UTP.

1. LATAR BELAKANG 


UTP merupakan singkatan dari Unshielded Twisted Pair, Kabel UTP terbuat dari bahan penghantar tembaga, isolasi dari plastik serta terbungkus oleh bahan isolasi yang bisa melindungi dari api serta kerusakan fisik. 

Kabel ini terdiri atas empat pasang, dimana kabel-kabel tersebut saling berbelit yang masing-masing pasangannya mempunyai kode warna yang berbeda. Kabel ini tak mempunyai pelindung dari interferensi elektromagnetik, akan tetapi kabel ini banyak dipakai sebab harganya yang relatif murah serta fungsinya pun memang sudah sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

2. FUNGSI DARI KABEL UTP

Kabel UTP berfungsi untuk digunakan sebagai kabel jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem jaringan komputer, serta pada umumnya kabel UTP ini memiliki impendansi sekitar 100ohm dan terbagi menjadi beberapa kategori yang berdasarkan kemampuannya sebaga penghantar data. 

Setiap warna pada kabel ini tersimpang kegunaan yang berbeda sebagi media transmisi data. Semisal yang sudah banyak orang tahu ialah fungsinya sebagai media penghantar informasi dalam sebuah jaringan komputer yang menguhubungkan antara komputer dengan Modulator Demodulator (Modem) maupuan antara komputer dengan komputer yang lainnya dalam suatu area jaringan.

Terdapat 8 warna kabel UTP ini, dimana pada setiap masing-masingnya inti kabelnya mempunyai warna yang berbeda-beda dan fungsi dari setiap warnanya pun berbeda-beda. Pada bagian ujung kabel UTP tersambung dengan konektor RJ45 yang selanjutnya akan dihubungkan ke LAN Card di Komputer. Berikut ini merupakan fungsi atau kegunaan dari setiap warna kabel UTP. 

3. FUNGSI DARI SETIAP WARNA KABEL UTP

  1. Orange : Kabel Warna Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  2. Putih Orange : Kabel Warna Putih Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  3. Hijau : Kabel Warna Hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  4. Putih Hijau : Kabel Warna Putih Hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  5. Biru : Kabel Warna Biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara. 
  6. Putih Biru : Kabel Warna Putih Biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
  7. Cokelat : Kabel Warna Cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
  8. Putih Cokelat : Kabel Warna Putih Cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
Nah, itulah fungsi dari masing-masing Kabel UTP diatas. 

Sekian artikel diatas semoga bermanfaat bagi kita semua, saya juga mengharapkan saran dan kritikan dari anda untuk menambah wawasan kita. 


Previous
Next Post »