Pengertian CMS


Kali ini saya akan membagikan sebuah Artikel tentang CMS

1. LATAR BELAKANG CMS

CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software yang mempunyai tujuan memudahkan dalam pengelolaan seperti upload, edit, menambahkan, dll. Konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web. sehinggan dengan adanya CMS ini, orang awam pun dapat membuat sebuah website yang langsung jadi dan pengguna tinggal mengelola isi conten website tersebut tanpa campur tangan dari pihak webmaster.
Di antara CMS, manajemen file-fule juga sangat terstrukutur, setiap elemen antara isi dan tampilan desain terpisah. 
Fleksibilitas sebuah CMS, membuat CMS ini dikembangkan oleh pohak-pihak lain, apalafi jika CMS memiliki kemanjuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Hal inilah yang membuat banyak developer-developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripada membuat sebuah aplikasi web yang bau.

2. DEFENISI CMS

Menuru Wikipedia, CMS merupakan situs web yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui situs webnya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/institusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya kedalam website tanpa prosedur yang sulit.

Pada umumnya sebuah CMS memiliki 2 bagian kategori yaitu bagian front-end dan back-end. kecanggihan dari fitur CMS bergantung pada CMS yang digunakan. Penggunaan sistem hirarki perngguna harus menerapkan CMS kedalam hak aksesnyapun sangat bervariasi sesuai CMS-nya masing-masing. 

3. PENGERTIAN CMS

Menurut Kentos, Content Management System atau sering disebut dengan CMS atau aplikasi web sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halama web secara mudah. Penggunaan Content Management System tidak memerlukan pengetahuan pemrograman web yang handal karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user friendly. CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada dan biasanya berbayar dan ada yang berupa template instant yang fungsionalitasnya dibuat dengan menyesuaikan pada beberapa proses bisnis yang ada di dunia nyata yang digunakan secara gratis.

4. TUJUAN PENGGUNAAN CMS

CMS bertujuan memberikan kemudahan kepada penulis untuk mengelola informasi yang ada di sebuah server tanpa harus tahu sebelumnya tentang segala hal yang bersifat tknis. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, CMS memungkinkan penulis untuk dapat mengubah tampilan situs (warna, huruf, gambar, dan lain-lain) tanpa harus mengubah isi/konten/berita/teks yang ada di dalamnnya.

Sekian Artikel diatas, semoga bermanfaat bagi kita semua. dan saya mengharapkan kritikan dan saran dari anda semua untuk menambah wawasan kita semua.
Previous
Next Post »