Sejarah Perkembangan Motherboard



Kali ini saya akan membagikan Artikel tentang Perkembangan Motherboard.

1. LATAR BELAKANG 

Dalam kehidupan Teknisi Komputer atau pelajar yang mempunyai jurusan Teknik Komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Motherboard. Motherboard adalah sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menjalankan sistem PC secara keseluruha. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni system processo, sirkuit clock/timing, RAM, Cache Rom Bios, I/O Pord dan masih banyak yang lainnya. 

Fungsi Motherboard tidak jauh namanya yaitu Induk/tempat meletakkan beberapa komponen hardware komputer yang diantaranya mengatur pemberian daya listrik pada setiap komonen hardaware dan software komputer. Motherboard juga mengatur semua jalannnya proses, mulai dari penyimpanan data seperti harddisk, CD-ROM, dan masih banyak yang lainnya.

2. SEJARAH PERKEMBANGAN 

Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oeh Apple untuk Apple II-nya. Sekilas informasi, dulu komponen-komponen komputer seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu sendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kebel. Tampilannya sangat ruwet. Karena sangat repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai peripheral komputer. Akhirnya mereka ciptakan sebuah papan lebar yang beriris beragam slot sebagai tempat menyolokan komponen hardware komputer. Papan itu dinamai Motherboard. Pengembang pertama motherboard adalah Perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen motherboard lain dari Taiwan. Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi peripheral ke dalam motherboard mendorong pencitraan motherboard ke dalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungka slot keyboard, mouse, dan floppy dirve, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboar. Jika anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan adalah PC/TX, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advace Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu Advance Technoloy Extension. Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.

Saat ini, Intel juga mengeluarkan standar Balanced Technologi Extension. Sayangnya, pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produse komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu Mini ITX. Perubahan dalam desain dan teknologi Motherboard terus berkembang. Di awal tahun 2000-an, Pengintergrasian diperluas. Motherboad kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya adalah Onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivias USB, FireWire dan LAN. 

Sekian artikel diatas, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung. 
Previous
Next Post »