Pengertian Software VirtualBox

1. PENGERTIAN VIRTUALBOX

Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang di inginkan di dalam sistem operasi MS Windows. (Beda halnya dengan Dual Boot).

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan uji coba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC. 

Sistem operasi yang dapat dijalankan di VM VirtualBox antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris dan masih banyak yang lainnya. 

2. SEJARAH PENEMUAN DAN PERKEMBANGAN 

VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada Februari 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems. dan menjadi milik Oracle saat pengakuisisian Sun Microsystems. 

Seperti kita ketahui bahwa dikalangan pelajar dan guru juga sangat meminati software ini karena dia berbentuk freeware dan bisa didapatkan dimana saja, Sehingga inilah salah satu software yang paling sering digunakan khususnya pelajar yang mempunyai Jurusan di bagian Teknik Komputer dan Jaringan, yang mana gunanya adalah untuk melakukan simulasi atau percobaan maupun menggunakannya sama seperti fisik. 

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat. Terima Kasih sudah Berkunjung.  
Previous
Next Post »