Tutorial Instal Mikrotik di VM beserta Perintah Dasar

Tutorial Instal Mikrotik di VM beserta Perintah Dasar


CARA MENGINSTAL MIKROTIK DI VIRTUAL BOX
Pertama klik baru/new, setelah itu next, setelah itu buatlah nama, ganti operasi sistem dari microsoft windows menjadi linux, lelu versionnya menjadi other linux. Setela itu next, lalu buatlah ukuran memori terserah asal jangan sampai lewat dari warna merah kapasitasnya, setelah itu next. Lalu next, next lagi, setelah itu ceklish atau klik di Fixed size lalu next. Setelah itu simpanlah virtual tersebut ke data D supaya aman dan tidak memberatkan data C, lalu kecilkan ukuran hardisknya menjadi 256,00 MB lalu next, setelah itu create, terus create, lalu muncullah sebuah virtual. Sebelum memulai atur dulu lan dan mengambil ISO nya.
Pertama klik pengaturan/setting, lalu klik bagian jaringan, setelah itu klik adapter 1 jika attached nya NAT maka gantilah menjadi jaringan internal, begitu juga adapter 2 sampai 4, setelah itu ok. Lalu kembali lagi pengaturan/setting, lalu klik bagian storage, setelah itu pilih empty, trus klik bagian bentuk cd bagian agak ujung kanan atas, lalu klik choose a virtual setelah itu pilih dimana anda simpan ISO mikrotik lalu ok. Ok lagi.
Setelah itu mulai/start, setelah itu tunggu sebentar sampai muncul WELCOME TO MICROTIK........
Setelah itu tekan tombol (a, lalu i, setelah itu n, lalu y) setelah itu tunggu sebentar karna agak lama loadingnya. Nah, sambil menunggu loadingnya kita kembali ke pengatura/setting lalu pilih bagian storage, lalu klik mikrotik...., setelah itu klik bentuk cd bagian agak ujung kanan atas, lalu klik remove disk form virtual drive, setelah itu ok. Setelah itu kembalilah ke lembar kerja yang tadinya lagi berjalan terus enter untuk reboot/restart.
Setelah itu tunggu beberapa saat hingga muncul Mikrotik Login : disitu anda tulis (admin) setelah itu enter 2 kali. Lalu muncullah tulisan microtik dalam bentuk ukuran besar. Setelah itu tekanlah ENTER sekali untuk menjalankan perintah yang dibawah ini ;
1.       Untuk melihat lan terpasang = interface print lalu ENTER
2.       Mengganti nama lan :
interface set 0 name=internet lalu ENTER
interface set 1 name=lokal lalu ENTER
interface set 2 name=proxy lalu ENTER
interface set 3 name=wifi lalu ENTER    
3.       Jika mematikan
System shutdown lalu ENTER
Setelah itu tekan tombol y lalu ENTER
SETELAH ITU MIKROTIK AKAN SHUTDOWN SENDIRI.
Previous
Next Post »